Wednesday, October 19, 2016

Legibilty Huruf "

Interval ruang antarhuruf atau kata memiliki dampak yang sangat berarti terhadap legibility. Susunan huruf yang terlalu rapat akan mengaburkan bentuk huruf, sedangkan susunan huruf yang terlalu renggang akan sangat mempengaruhi kecepatan membaca,
Interval ruang bukan hanya berpengaruh terhadap legibility saja, tetapi juga dapat memberikan pengaruh terhadap keindahan dan harmoni sebuah rancangan. Kerning atau tracking positif diperlukan diperlukan untuk huruf-huruf yang dicetak dalam ukuran kecil.











Penyesuaian interval ruang antarbaris juga harus diperhatikan, karena dapat membantu kecepatan dan kenyamanan membaca. Bila interval ruang terlalu sempit atau terlalu besar akan memakan waktu lebih lama bagi mata dalam menemukan atau menyambung pada baris-baris kata selanjutnya. Huruf dengan ukuran x-height yang besar ataupun yang kecil memerlukan ukuran leading yang besar.
Contoh tulisan dengan leading normal.

Contoh tulisan dengan leading negatif, menunjukan ada ruang tumpang tindih antara descender dan ascender.


Naskah yang panjang sebaiknya dicetak dengan menggunakan huruf dari kelompok berat regular. Bila huruf bold diterapkan dalam sebuah naskah, maka ketebalannya akan banyak memberikan pengaruh terhadap legibility dan keindahan rancangan. Di samping itu, huruf bold dapat memberikan kesan masif dan pekat terhadap ruang.


Huruf yang digunakan untuk judul disebut dengan display type. Ukuran minimum untuk display type adalah 14 pt. Huruf yang lebih kecil dari 14 pt disebut text type. Pemilihan ukuran untuk text type tergantung kepada jenis huruf yang dipakai berikut besar x-height. Untuk naskah yang panjang, apabila huruf dicetak terlalu kecil akan cepat melelahkan mata atau bahkan mungkin akan sukar dibaca, dan bila dicetak terlalu besar akan mengganggu estetika rancangan.


Bagikan

Jangan lewatkan

Legibilty Huruf "
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.