Wednesday, November 9, 2016

Grid System Tipografi

Grid System

Sebuah grid diciptakan sebagai solusi terhadap permasalahan penataan elemen-elemen visual dalam sebuah ruang. Grid Systems digunakan sebagai perangkat untuk mempermudah menciptakan sebuah komposisi visual. Melalui grid systems seorang perancang grafis dapat membuat sebuah sistematika guna menjaga konsistensi dalam melakukan repetisi dari sebuah komposisi yang sudah diciptakan. Tujuan utama dari penggunaan grid systems dalam desain grafis adalah untuk menciptakan suatu rancangan yang komunikatif dan memuaskan secara estetik.

Berbasis pada golden section, proporsi yang identik dengan luas halaman akan menghasilkan perhitungan rasio lebar margin sebagai berikut :
 Margin atas = 3
 Margin bawah = 6
 Margin luar = 4
 Margin dalam =2









Golden section adalah sebuah konsep dasar yang digunakan untuk menghasilkan proporsi yang sempurna untuk keperluan pemecahan ruang. Diagram di samping ini menunjukkan suatu cara mencari titik pertemuan (golden mean) untuk mengkonstruksi sebuah bentuk persegi empat.
 Diawali dengan sebuah garis ‘ab’
 Segitiga terbentuk dari setengah ‘ab’ (garis vertikal ‘bc’)
 Aksis ‘c’ dan ‘b’ menghasilkan titik ‘s’
 Aksis ‘a’ dan ‘s’ menghasilkan titik ‘g’
 Garis ‘ab’ terbagi menjadi ‘M’ dan ‘m’
 Akhirnya panjang ‘M’ membentuk tinggi persegi-empat


Walaupun tidak ada aturan-aturan yang baku mengenai penentuan besarnya margin, namun pemanfaatan ukuran margin yang tepat dapat memberikan dampak visual terhadap keseluruhan rancangan. Margin yang sama besar akan lebih cepat membosankan, sedangkan ukuran margin yang tidak sama besar dapat menciptakan ruang asimetris yang lebih dinamis.



Next Page >>

Bagikan

Jangan lewatkan

Grid System Tipografi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.