Sunday, September 20, 2015

RAM (Random Access Memory)



YO,  apa kabar broo?? ya sekarang ts ni mau ngebahas tentang RAM (Random Access Memory) 
yuk langsung...

Media Penyimpaan  Memori

                §  RAM

            RAM adalah tempat didalam computer dimana OS, program aplikasi dan data yang sedang diigunakan disimpan sehingga dapat dicapai dengan cepat oleh processor. Didalam RAM terdapat Cache, yaitu tempat untuk menyimpan segala sesuatu untuk sementara. Dan Coast adalah singkatan untuk cache on a stick. Coast menyediakan memori cache dalam banyak sistem berbasis Pentium.
            RAM merupakan tempat memori sementara. Isi dalam RAM akan hilang ketika power computer dimatikan.
            Terdapat 2 kelas RAM :
                 1.      Static RAM (SRAM)
            Relatif lebih mahal , namun lebih cepat dan dapat menyimpan data ketika computer dimatikan selama periode tertentu. Hal ini akan sangat berguna dalam kondisi seperti kehilangan power/daya yang tidak diharapkan terjadi. SRAM digunakan untuk memori cache.
                 2.      Dynamic RAM (DRAM)
            DRAM tidak terlalu mahal dan berjalan dengan lambat. DRAM membutuhkan power supply yang tidak terganggu untuk menjaga data agar tidak hilang. DRAM menyimpan data dalam kapasitor kecil yang harus di refresh untuk menjaga data agar tidak hilang.

            RAM dapat diinstal di dalam motherboard, sebagai fitur permanen maupun dalam bentuk chip mungil. Chip dikenal dengan nama Single Inline Memory Modules (SIMMs) atau Dual Inline Memory Modules (DIMMs). SIMMs dan DIMMs adalah kartu yang dapat dipindahkan/dilepas dan dapat digantikan dengan menambah memori yang lebih besar ataupun lebih kecil. Walaupun memiliki lebih banyak memori terinstal dalam komputer adalah hal yang baik, kebanyakan sistem board memiliki batasan pada jumlah dan tipe RAM yang dapat ditambahkan. Beberapa sistem mungkin membutuhkan hanya SIMM. Sistem lain mungkin membutuhkan SIMM diinstal dalam set yang cocok 2 atau 4 modul dalam satu waktu yang sama. Sebagai tambahan, beberapa sistem menggunakan hanya RAM parity sementara lainnya menggunakan RAM non-parity. Parity memiliki kemampuan built-in pemeriksaan kesalahan ke dalam chip RAM untuk memastikan keutuhan data. Non parity, tidak memiliki kemampuan pemeriksaan kesalahan.

Bagikan

Jangan lewatkan

RAM (Random Access Memory)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.