Thursday, August 20, 2015

Generasi Komputer

Hasil Pemahaman

Perkembangan generasi komputer sebelum tahun 1940

  Pada era sebelum tahun 1940 penggunaan alat bantu penghitung masih sangat sederhana dan manual,
        1. Abacus
 
Gambar. Abacus
 

    Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan dibeberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.

         2. Kalkulator Roda Numerik 1 

 
Gambar. Kalkulator mekanik 1


    Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator). Kotak persegi kuningan ini dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlah bilanga hingga delapan digit. Alata ini merupakan alat penghitung berbasis sepuluh. kelemahan alata ini adalah terbatas untuk melakukan penjumlahan.

          3. Kakuator roda numerik 2
    Tahun 1694, Gottfred Wilhem Von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.

          4. Kalkulator Mekanik

 
Gambar. Kalkulator Mekanik


    Charlles Xavier Thomas de Colar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer. Alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Perkembangan Generasi Komputer Setelah Tahun 1940

           1. Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
     Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vacum yang berfungsi untuk memproses dan menyimpa data. Untuk menjalankan operasi komputer dibutuhkan beribu-ribu tabung vacum, dikarenakan alat ini cepat panas dan mudah terbakar. Dan juga tabung vacum membutuhkan banyak energi elektrik.
          2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
     Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh pada perkembangan komputer. Transistor mulai digunakan pada komputer pada tahun 1956. Transistor juga menggantikan tabung vacum di televisi, radio. Penemuan lain yang berupa memori inti-magnetik. Komputer generasi kedua ini berukuran lebih kecil, lebih hemat, dan lebih bisa diandalkan. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer.
          3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1980)
     Transistor menghasilkan panas yan cukup besar, yang dapat merusak bagian internal komputer. Dikembangkan lah IC (Intergrated Circuit)  tahun 1958. IC dapat menyatukan tiga komponen elektronik dalam sebuah pirigan silikon kecil. Lalu IC dikembangkan lagi sehingga dapat memasukan komponen-komponen ke dalam satu chip tunggal yang disebut semi konduktor.
          4. Komputer Generasi Keempat (1980-???)
     Komputer lebih canggih, ukuran transistor pun lebih kecil ukurannya dari sebelumnya. Komputer sudah dapat digunakan di Televisi, Handphone dan lain-lain.
           5. Komputer Generasi Kelima 
     Komputer masa depan. Bisa anda bayangkan sendiri.... he
 Pastinya lebih canggih.


Bagikan

Jangan lewatkan

Generasi Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.