Thursday, April 7, 2016

Pengertian Pembaca Kartu Magnetik

Pembaca Kartu Magnetik



Untuk membaca kartu keluaran bank yang berbasis magnetik, pakai mesin EDC alias electronic data captured. mesin kartu ini untuk otorisasi kartu kredit atau kartu debit secara online. jadinya secara otomatis saldo dalam kartu kredit atau kartu debit akan berkurang sesuai dengan jumlah transaksi yang dibayarkan. misalnya seperti kemarin, saya beli sayur mayur dan beberapa perkakasnya untuk salad. habisnya Rp 94 ribu. ya sudah, sekali gesek, bakal tergerus senilai itu tuh kartu saya.

Dari sisi teknologi, EDC merupakan alat yang memanfaatkan teknologi digital dalam database informasi. Jadi, informasi yang tersimpan dalam bentuk analog (kertas) akan diubah menjadi data elektronik. Hal ini akan menghemat biaya dan mendorong efisiensi karena menghindari penggunaan kertas (paperless transaction).

Kartu magnetic stripe adalah jenis kartu id card yang mampu menyimpan data dengan memodifikasi magnet yang kecil berbasis besi partikel magnetik pada pita bahan kartu magnetik. Garis magnetik, sering disebut juga magnetik, kartu gesek atau magstripe, ia dapat dibaca ketika ada kontak fisik dan menggesekkannya melewati mesin pembaca atau card reader.


Diciptakan oleh IBM pada tahun 1960 di bawah kontrak dengan pemerintah AS untuk sistem keamanan, sejumlah organisasi internasional standardisasi  standar ISO / IEC 7810, ISO / IEC 7811, ISO / IEC 7812, ISO / IEC 7813, ISO / IEC 8583 dan ISO / IEC 4909,yang mendefinisikan sifat fisik kartu, termasuk ukuran, fleksibilitas, lokasi, karakteristik magnetik magstripe, dan format data. Mereka juga menyediakan standar untuk kartu keuangan, termasuk alokasi rentang nomor kartu ke kartu yang berbeda.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Pembaca Kartu Magnetik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.